Atasan Dan Pimpinan

Menjadi seorang pemimpin itu kadang sangatlah berat dibanding dengan menjadi seorang atasan "Nah, bukannya pemimpin sama atasan itu sama?, mungkin diantara sobat semua ada yang bertanya seperti itu. Memang sih sebenarnya sama saja, cuma ada sedikit perbedaan, ya beda-beda tipis gitu :D :D :D. "Trus bedanya apa dong?".Ok ok ok, nih saya jelasin, ini sih berdasarkan pengalaman pribadi ya,,,,.

Jadi kalau pemimpin itu seseorang yang memimpin untuk mengerjakan sesuatu dan bertanggung jawab atas semua yang dikerjakan olehnya dan bawahannya juga. Kita ambil contoh seorang Pak RT yang mengajak para warganya untuk membersihkan got di kampunya. "wargaku semua, mari kita kerja bakti untuk membersihkan got di kampung kita, agar pada saat musim hujan tiba, kampung kita bebas dari banjir karena gotnya tersumbat sampah" kata Pak RT sambil turun ke got dan memungut sampah yang tersangkut di got tersebut.

Nah, kalau atasan menurut saya, seseorang yang mempunyai tanggung jawab besar, tapi dia akan turun kelapangan jikalau bawahannya sudah tidak mampu menyelesaikan suatu masalah. Kita ambil contoh sama seperti diatas, cuma kalimatnya akan saya ganti. "Wargaku semua, ayo kalian jangan malas-malasan, bersihkan sampah-sampah yang ada di got itu, biar nanti kalau musim hujan datang, kita semua tidak kebanjiran, "kata Pak RT sambil nunjuk-nunjuk kewarganya agar mengerjakan apa yang dia perintahkan.

Nah bagaimana?, apakah sobat sudah bisa mengambil kesimpulan bedanya pemimpin dan atasan?. Kalau sobat sudah tahu kesimpulannya, saya mau tanya. "Negara kita ini butuh pemimpin atau atasan?. Selahkan anda tulis jawabannya dikomentar, terimakasih:):):)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan Bersama Mig33

Aku

Apakah perusahaan perlu karyawan yang rajin, yang jujur, atau yang bertanggung jawab?