Postingan

Hutan Beton

Gambar
Mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan bisa memenuhi semua kebutuhan adalah impian semua manusia di dunia ini. Begitu juga dengan ku, aku yang waktu itu baru menginjak usia dewasa, selalu berangan-angan untuk bisa pergi ke kota impian. Kota dimana semua mimpi-mimpi ku bisa terwujudkan. Mungkin bukan aku saja yang menginginkan untuk bisa datang ke kota impian itu. Semua orang di nusantara, pasti ingin mendatangi kota impian yang penuh dengan harta karun.
Waktupun telah tiba, dengan senyum lebar dan perasaan senang, aku melangkahkan kaki ku untuk datang dan menaklukan kota impian itu. Aku menatap wajah kedua orang tua ku, terlihat mata mereka berkaca-kaca. Aku tahu mereka sedih karena akan berpisah dari ku. Tapi perpisahan ini hanylah sementara. Aku melakukan ini demi cita-cita ku, dan satu hal lagi, aku melakukan ini karena aku tidak akan selamanya hidup bergantung kepada orang tua. Dengan berat hati, aku pun tetap melangkah, walau berat rasa hati ini meninggalkan kelurga dan meningg…

Aku

Gambar
Aku seorang manusia biasa. Aku tahu agama. Aku tahu dosa. Aku juga tahu mana yang hak dan mana yang bathil. Hidup diakhir zaman membuat aku tak berdaya. Kemilaunya dunia ini membuat aku terlena dalam kehidupan yang fana. Aku tahu neraka. Aku tahu surga. Walupun aku tak pernah melihat kedua tempat itu.  Aku tahu bagaimana aku bisa masuk neraka. Aku tahu neraka itu tempat yang paling mengerikan. Aku tahu neraka itu panasnya luar biasa. Tapi mengapa aku selalu berjalan menuju kesana. Aku tahu bagaimana cara masuk surga. Aku tahu surga itu tempat kesenangan dan kebahagiaan yang abadi. Tapi mengapa aku seakan jauh dari jalan menuju kesana.  Kadang aku berkata dalam hati. Aku lebih senang jika kau menghentikan nafasku saat ini untuk selamanya. Dari pada aku hidup dengan terus melakukan dosa. Tapi aku tahu ini bentuk keputus asaanku. Dan aku juga tahu bahwa kau membenci orang yang berputus asa. Aku tahu kau maha segalanya.  Tuhan, aku ingin berdo'a kepadamu. "Jika kau masih menghendaki…

Selalu Bersyukur Kepada Tuhan

Manusia adalah mahluk yang sangat dimuliakan oleh tuhan dari pada mahluk-mahluk yang lain yang telah diciptakan olehnya. Karena akal dan budi pekerti yang telah diberikan oleh tuhan, membuat manusia menyandang predikat mahluk yang paling mulia. Selain akal dan budi pekerti, tuhan juga memberikan sifat dan rasa keinginan yang lebih kepada manusia. Seperti rasa ingin memiliki sesuatu dari satu ingin menjadi dua, dari yang baik ingin menjadi yang lebih baik.
       Yah itu wajar, karena tuhan telah memberikan perasaan itu kepada manusia. Tapi kadang manusia tidak bisa mengendalikan perasaan itu, bahkan berujung kepada kekufuran nikmat. Sebagai contoh, saya yakin hampir semua orang pernah berkata dalam hatinya, "kenapa saya tidak seberuntung mereka, kenapa saya tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya raya, kenapa saya tidak dilahirkan dengan wajah yang rupawan dan tubuh yang proposional". Saya yakin pertanyaan itu pasti pernah terbesit difikiran anda. Sebenarnya tuhan i…

Marhaban Ya Ramadhan

Gambar
Ga kerasa ya, sekarang sudah memasuki bulan suci ramadhan. Bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh semua umat muslim diseluruh dunia. Karena dibulan suci ramadhan, Allah menurunkan banyak rahmat dan berkah, serta pahala yang berliat-lipat bagi orang yang mengerjakan ibadah dengan ikhlas. Semua umat muslim punya cara dan sebutan masing-masing, untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Kalo di kampung aku yang tepatnya di daerah subang, acara menyambut bulan suci ramadhan disebut “munggah”. Sebenarnya sampai sekarang aku tidak tau arti kata “munggah” itu apa. Aku juga sudah bertanya kepada kakek dan nenek ku, tapi mereka juga tidak tau arti kata “munggah” itu apa. Yang jelas, kata “munggah” itu selau dipakai untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Dan kata “munggah” itu sendiri sudah digunakan sejak mereka masih anak-anak. Oh iya, acara “munggah” dilakukan satu hari sebelum memasuki tanggal 1 ramadhan. Biasanya orang-orang di kampung ku melakukan bersih-bersih di rumah dan…

Apakah perusahaan perlu karyawan yang rajin, yang jujur, atau yang bertanggung jawab?

Berbicara mengenai suatu perusahaan, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya karyawan. Karyawan adalah salah satu aset yang berharga yang harus di pertahankan oleh suatu perusahaan. Tapi karyawan yang seperti apa yang merupakan aset berharga itu?, pastinya karyawan yang mempunyai SDM yang berkualitas. Karena dengan karyawan yang mempunyai SDM yang berkualitas, dipastikan perusahaan tersebut akan maju. Dan apa bila sebaliknya, maka perusahaan tersebut akan mengalami suatu masalah bahkan bisa saja mengalami kebangkrutan. Ya walau pun karyawan yang tidak memiliki SDM yang berkualitas itu bukanlah masalah utama yang menyebabkan kebangkrutan, tapi ya itulah salah satunya. Tapi apakah hanya SDM berkualitas saja yang harus dimiliki oleh karyawan tersebut?, jawabannya tidak. Selain SDM, agar suatu perusahaan bisa maju, para karyawan harus memiliki rasa tanggung jawab atas tugas yang telah ia dapatkan dari perusahaan tempat ia bekerja. Dan saya rasa, “tanggung jawab” adalah hal yang sangat…

Selalu Meminta Ampunanlah Kepada Tuhan

Kadang-kadang kita merasa bahwa diri kita tidak pernah melakukan kesalahan. Kita merasa diri kita yang paling benar, yang paling suci dan yang paling taat dalam menjalankan perintah agama. Tapi apakah anda tau?, di atas langit ada langit lagi, diatas yang benar pasti ada yang paling benar, diatas yang suci ada yang paling suci dan diatas yang taat ada yang lebih taat lagi. Itu lah salah satu sifat manusia yang dinamakan sombong. Sifat sombong yang seperti ini kadang kala tidak pernah disadari oleh kita. Karena kita sendiri merasa bahwa diri kita tidak pernah melakukan kesalahan.Menurut saya, semua manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti pernah melakukan kesalahan,sekalipun orang suci seperti nabi Adam. Yah, nabi Adam adalah seorang nabi dari golongan agama samawi yang telah dinyatakan suci oleh Tuhan. Tapi sekalipun dia orang suci, dia pernah melakukan kesalah yang mengakibatkan diri beserta istrinya diturunkan kemuka bumi ini. Setelahnya dia diturunkan ke bumi,bertahun-tahun dia men…

Masarakat Adalah Raja

Hari ini gue udah dibikin gedek gara-gara baca berita "Polisi Masih Cari Identitas Jazz yang Bawa Pria Arogan Mengaku Paspampres". Dalam isi beritanya yang gue baca, tuh cowo marah-marah saat ditilang gara-gara ngelanggar lalu lintas. Dia juga ngaku-ngaku sebagai paspampres.Nah yang bikin gue gedek, dengan mengatas namakan paspampres, tuh cowo bisa seenaknya aja. Kalo gue boleh ngomong, gue bakal bilang ke dia, "eh, kalo lu bener-bener anggota paspampres, berarti lu itu kacung presiden, dan asal lu tau ya, kalau presiden itu kacungnya masarakat, jadi lu itu kacungnya masarakat juga, lu berani ngelawan masarakat yang tak lain majikan lu?". Sumpeh ni gue emosi, hahahahahahaha. Dan gue juga menyayangkan sama petugas yang menilangnya. Kenapa tu orang ga langsung ditangkap aja, kalo emang ngelawan, DOR aja. Gue yakin ko, masarakat pasti bakal bela lu, karena lu dah ngasih pelajaran sama orang yang ngaku anggota paspampres itu. Tapi apa mungkin petugas yang menilangnya …