Selalu Bersyukur Kepada Tuhan

        Manusia adalah mahluk yang sangat dimuliakan oleh tuhan dari pada mahluk-mahluk yang lain yang telah diciptakan olehnya. Karena akal dan budi pekerti yang telah diberikan oleh tuhan, membuat manusia menyandang predikat mahluk yang paling mulia. Selain akal dan budi pekerti, tuhan juga memberikan sifat dan rasa keinginan yang lebih kepada manusia. Seperti rasa ingin memiliki sesuatu dari satu ingin menjadi dua, dari yang baik ingin menjadi yang lebih baik.
       Yah itu wajar, karena tuhan telah memberikan perasaan itu kepada manusia. Tapi kadang manusia tidak bisa mengendalikan perasaan itu, bahkan berujung kepada kekufuran nikmat. Sebagai contoh, saya yakin hampir semua orang pernah berkata dalam hatinya, "kenapa saya tidak seberuntung mereka, kenapa saya tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya raya, kenapa saya tidak dilahirkan dengan wajah yang rupawan dan tubuh yang proposional". Saya yakin pertanyaan itu pasti pernah terbesit difikiran anda. Sebenarnya tuhan itu maha adil, dia telah menganugrahkan semuanya kepada kita tinggal kitanya saja harus pandai-pandai mensyukurinya. Harta yang berlimpah dan wajah yang rupawan, bukanlah tujuan utama manusia untuk hidup dimuka bumi ini. Tujuan manusia yang utama adalah mengabdi kepada sang pencipta.
       Memiliki harta yang berlimpah, tubuh dan wajah yang rupawan memang suatu kenikmatan yang diberika tuhan . Tapi sebenarnya itu adalah suatu ujian. Tuhan ingin menguji, apakah mereka bisa melewati ujian itu melalui harta, tubuh yang indah dan wajah yang rupawan. Kalau mereka bisa melewati ujian itu dengan baik, maka alangkah bahagianya mereka. Karena mereka bisa mendapatkan kebahagian di dunia dan kelak nanti dikehidupan selanjutnya. Tapi sayang sekali, hanya segelintir orang yang lulus dari ujian tersebut. Kebanyakan mereka terlena dengan harta dan keindahan tubuh mereka. Mereka merasa bahwa ini lah surga.
       Terus bagai mana dengan orang miskin yang biasa-biasa saja?. Sungguh mereka orang yang sangat beruntung, karena ujian yang mereka dapat tidaklah seberat orang yang berharta dan berparas rupawan. Tapi bukan berarti mereka tidak mendapat ujian juga, karena setiap manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti akan diuji oleh tuhan. Mereka yang hidup dalam kemiskinan akan diuji kesabarannya, apakah mereka bisa bertahan dalam kehidupan yang super susah ini. Sebenarnya plusnya orang yang miskin harta ialah mereka akan selalu mengingat tuhan karena mereka tidak ingin kehidupannya dialam selanjutnya sengsara seperti dikehidupannya di dunia ini. Begitu pula dengan orang yang bertubuh kurang sempurna atau mempunyai prawas yang bisa-biasa saja, mereka tidak akan mengumbar keindahan tubuh mereka (berzina) karena mereka sadar akan keadaan fisik mereka.
       Selain itu, jika orang miskin dan orang yang mempunyai tubuh tak sempurna ditakdirkan menjadi orang yang mempunyai kekayaan yang berlimpah plus memiliki wajah yang rupawan, belum tentu mereka akan selalu ingat tuhan. Tapi itu juga kembali kepada seberapa besarkah iman mereka. Intinya, apa yang kita dapatkan saat ini patut untuk kita syukuri. Karena semua ini hanyalah titipan, semua ini milik tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan Bersama Mig33

Aku

Apakah perusahaan perlu karyawan yang rajin, yang jujur, atau yang bertanggung jawab?