Selalu Meminta Ampunanlah Kepada Tuhan

Kadang-kadang kita merasa bahwa diri kita tidak pernah melakukan kesalahan. Kita merasa diri kita yang paling benar, yang paling suci dan yang paling taat dalam menjalankan perintah agama. Tapi apakah anda tau?, di atas langit ada langit lagi, diatas yang benar pasti ada yang paling benar, diatas yang suci ada yang paling suci dan diatas yang taat ada yang lebih taat lagi. Itu lah salah satu sifat manusia yang dinamakan sombong. Sifat sombong yang seperti ini kadang kala tidak pernah disadari oleh kita. Karena kita sendiri merasa bahwa diri kita tidak pernah melakukan kesalahan.

Menurut saya, semua manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti pernah melakukan kesalahan,sekalipun orang suci seperti nabi Adam. Yah, nabi Adam adalah seorang nabi dari golongan agama samawi yang telah dinyatakan suci oleh Tuhan. Tapi sekalipun dia orang suci, dia pernah melakukan kesalah yang mengakibatkan diri beserta istrinya diturunkan kemuka bumi ini. Setelahnya dia diturunkan ke bumi,bertahun-tahun dia menangis dan tak henti-hentinya meminta ampunan kepada Tuhan. Dia berharap, Tuhan mengampuni kesalah yang telah ia perbuat. Padahal kesalahan dia hanya satu, dia hanya memakan buah khaldi, buah yang telah dilarang oleh Tuhan untuk dimakan nabi Adam.

Dari cerita singkat diatas, kita bisa mengambil sebuah pelajaran. Bahwa, sekalipun nabi Adam itu orang yang telah dinyatakan suci oleh Tuhan, dan dia hanya melakukan satu kesalahan saja. Tapi dia tetap meminta ampunan kepada Tuhan bertahun-tahun lamanya. Terus bagai mana dengan manusia dimasa sekarang?. Kebanyakan manusia dimasa sekarang tidak menyadari atau bahkan tidak mau mengakui kesalahan yang telah ia perbuat, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja , karena dia merasa dialah yang paling benar. Kalau nabi Adam saja yang telah dinyatakan suci oleh Tuhan dan hanya melakukan satu kesalaha saja , rela meminta ampunan kepada Tuhan bertahun-tahun lamanya. Tapi kenapa dengan diri kita yang setiap hari selalu melakukan kesalahan, jarang bahkan tidak pernah mengakui dan meminta ampunan kepada Tuhan, sungguh sombong orang seperti itu. Padahal diri kita ini bukan lah orang suci seperti para nabi, kita hanyalah orang biasa.

Memang, manusia itu tidak akan pernah luput dari kesalahan, tapi manusia bisa meminimalisir kesalahan tersebut. Dan jika manusia itu sadar bahwa dirinya tidak akan pernah luput dari kesalahan, mestiya manusia itu selalu meminta ampunan setiap saat. Tulisan singkat ini saya buat bukan karena saya merasa orang yang paling benar. Tapi saya hanya ingin mengajak diri saya beserta anda semua, untuk selalu meminta ampunan kepada Tuhan atas kesalahan-kesalahan kita . Baik kesalah kepada sesama manusia (harus meminta maaf kepada manusia) atau kesalahan kepada Tuhan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Dan saya berharap, semoga kita semua dijaukan dari sifat sombong, amiiiiiiin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan Bersama Mig33

Aku

Apakah perusahaan perlu karyawan yang rajin, yang jujur, atau yang bertanggung jawab?