Marhaban Ya Ramadhan

Ga kerasa ya, sekarang sudah memasuki bulan suci ramadhan. Bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh semua umat muslim diseluruh dunia. Karena dibulan suci ramadhan, Allah menurunkan banyak rahmat dan berkah, serta pahala yang berliat-lipat bagi orang yang mengerjakan ibadah dengan ikhlas. Semua umat muslim punya cara dan sebutan masing-masing, untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Kalo di kampung aku yang tepatnya di daerah subang, acara menyambut bulan suci ramadhan disebut “munggah”. Sebenarnya sampai sekarang aku tidak tau arti kata “munggah” itu apa. Aku juga sudah bertanya kepada kakek dan nenek ku, tapi mereka juga tidak tau arti kata “munggah” itu apa. Yang jelas, kata “munggah” itu selau dipakai untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Dan kata “munggah” itu sendiri sudah digunakan sejak mereka masih anak-anak.
Oh iya, acara “munggah” dilakukan satu hari sebelum memasuki tanggal 1 ramadhan. Biasanya orang-orang di kampung ku melakukan bersih-bersih di rumah dan lingkungan sekitar, tak lupa mereka juga membersihkan mesjid dan madrasah. Dan yang paling utama dari “munggah” itu adalah, mereka memasak makanan dari hasil ternak mereka (mayoritas penduduk di kampung ku mempunyai hewan ternak, tapi kalo yang ga punya, ya beli lah hehehehe) seperti ayam, bebek atau pun entog. Nah sorenya setelah masakan mereka matang, mereka pergi bersilaturohim kepada sanak keluarga tertua mereka dan tetangga disekitar sambil membawa makanan yang sudah mereka masak tadi itu untuk diberikan kepada orang yang dikunjunginya. Pokonya senang banget deh kalo “munggah” di kampung bareng keluarga itu. Tapi sudah lima tahun ini, aku tidak ikut “munggah” bareng keluarga di kampung, ya karena aku sekarang sedang berada jauh merantau hehehehe.
Tapi ga apa lah, tanpa “munggah” di kampung bareng keluarga pun, aku selalu tersenyum. Yang penting aku yang berada jauh dari keluarga dan semua keluarga ku di kampung selalu dalam keadaan baik-baik saja. Sebenarnya tidak ada yang menarik dari tulisan ini. Tapi, intinya aku ingin mengucapkan “MARHABAN YA RAMADHAN”, dan selamat mejalankan ibadah puasa ramadhan bagi yang melaksanakannya. Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah ini. Amiiiiiiiiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan Bersama Mig33

Aku

Apakah perusahaan perlu karyawan yang rajin, yang jujur, atau yang bertanggung jawab?